7 Tips Merawat dan Membersihkan Lantai Kayu Jakarta Agar Selalu Terlihat Mengkilat dan Terawat

Penting untuk Diketahui Tentang Tips Merawat Lantai Kayu Jakarta Agar Selalu Mengkilat
Dalam sebuah hunian, kebersihan lantai adalah sesuatu yang penting, sebab banyak kegiatan atau aktivitas yang dilakukan di lantai. Lantai sebuah hunian saat ini pun semakin banyak macamnya. Tidak hanya berupa lantai keramik saja, yang paling banyak saat ini adalah jenis lantai kayu Jakarta yang sedang hits karena punya banyak banyak pilihan dan terlihat lebih natural.
Untuk merawat dan menjaga kebersihan lantai kayu, terdapat beberapa hal penting yang wajib untuk Anda perhatikan. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda praktekkan di rumah:
tukang pasang lantai kayu

1. Buat Jadwal Perawatan
Tips pertama yang bisa Anda coba dan praktekkan adalah dengan membuat jadwal perawatan lantai kayu pada hunian Anda. Mulai dari perawatan harian, mingguan hingga bulanan harus dilakukan untuk menjaga lantai kayu tidak hanya tampak mengkilap, tapi juga awet. Pada perawatan yang paling ringan yaitu harian, Anda bisa memulai dari membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Perawatan bulanan contohnya adalah pengecekan apabila ada bagian yang tergores hingga finishing ulang.

papan kayu tangga jakarta2. Jangan Memindah Barang dengan Diseret
Lantai kayu adalah jenis lantai yang sensitif tergores terhadap berbagai macam benda. Apabila dalam hunian, Anda menaruh banyak barang atau furniture, saat ingin memindahkannya ke tempat lain, usahakan tidak memindah dengan cara diseret. Karena sekali lagi lantai kayu mudah tergores. Anda dapat memindah dengan cara menggotong sehingga lantai akan aman.
3. Hindari Bahan Kimia Saat Membersihkan
Tidak hanya sensitif terhadap goresan benda, lantai kayu juga sensitif dengan bahan kimia. Karena dapat menimbulkan korosi pada lantai. Untuk membersihkan lantai tersebut, Anda bisa menggunakan lap kering, sedikit basah atau menggunakan bahan alami.
4. Gunakan Lap Kering Saat Membersihkan
Apabila lantai kayu yang ada pada hunian Anda terlihat kotor atau tertumpah sesuatu pada lantainya, Anda hanya perlu membersihkannya dengan lap kering. Menggunakan penyedot debu juga bisa dilakukan. Hindari menggunakan lap yang basah, sebab akan cepat membuat lantai kayu menjadi lapuk dan tidak awet.

parquet tangga di jakarta

5. Pewarnaan Ulang
Untuk perawatan jangka panjang, Anda bisa mewarnai atau melakukan finishing ulang pada lantai kayu. Lantai yang telah berumur lama, bisa saja warnanya akan memudar dikarenakan berbagai hal. Agar tampak mengkilap, Anda bisa mewarna ulang lantai tersebut. Dengan warna yang kembali baru, suasana rumah pun bisa menjadi segar kembali.
6. Hindari Mengepel Lantai
Lantai kayu adalah jenis lantai yang mudah lapuk dan menyerap air. Untuk menghindari kerusakan pada lantai tersebut, hindari mengepel lantai dengan lap yang basah. Anda bisa menggunakan lap setengah basah. Itu pun tidak boleh terlalu sering dilakukan. Akan lebih baik jika menggunakan lap kering.
tangga kayu jati jakarta

7. Hindarkan Lantai dari Sinar Matahari
Warna lantai kayu seiring waktu akan mengalami pemudaran yang ditimbulkan dari banyak faktor. Bisa faktor alami karena sering terkena sinar matahari juga faktor buatan seperti penggunaan bahan yang berbahaya. Agar warna lantai kayu bisa bertahan lama, hindarkan lantai dari sinar matahari secara langsung. Caranya dengan menutup gorden yang ada di jendela.
Lantai kayu Jakarta dalam perawatannya tidak sama dengan lantai rumah yang lain. Sifatnya yang sensitif butuh banyak perawatan agar terlihat selalu mengkilat dan tahan lama serta tidak mengalami pelapukan. Untuk mendapatkan lantai kayu yang berkualitas, bisa Anda dapatkan di Kayuku39.  Jenis lantai kayu rajawali parquetnya  beragam dan harganya terjangkau. Demikian, semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda.

Komentar